Yang Perlu Kamu Tahu

Memahami Hak Kekayaan Intelektual

Di Kikaos, kami sangat bersemangat untuk mendukung pembuat Kikaos kami dan untuk membantu menghasilkan produk kustom dan pengalaman yang hebat bagi pembeli mereka. Dalam upaya kami, kami juga berkomitmen untuk melindungi hak-hak individu dan perusahaan sehubungan dengan konten yang diterbitkan di layanan Kikaos. Hak pihak ketiga didasarkan pada berbagai undang-undang dan standar hukum yang bisa membingungkan. Setiap hak sangat berbeda dari yang lain dan sering disalahpahami. Kami telah membuat panduan ini untuk memberikan informasi tingkat tinggi tentang jenis tertentu hak-hak hukum dan untuk membantu pembuat Kikaos memahami apa yang diperbolehkan di layanan. Kami telah menjelaskan beberapa hak utama di bawah (merek dagang, hak cipta dan hak publisitas). Pada kenyataannya, analisis hukum untuk setiap hak-hak ini jauh lebih rinci dan kompleks daripada ringkasan kami. Namun, kami berharap informasi ini berguna dan akan memberikan beberapa panduan untuk pembuatan kampanye yang diizinkan di layanan Kikaos.

Merek Dagang

Apa itu merek dagang? Merek dagang adalah kata atau simbol yang menunjukkan "asal barang," memungkinkan konsumen untuk mengidentifikasi perusahaan yang pada akhirnya bertanggung jawab untuk produk tertentu. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberitahu konsumen tentang kualitas dan tujuan dari produk itu sendiri, sehingga membuat konsumen lebih mungkin melakukan pembelian. Ketika konsumen melihat tanda "BMW" pada mobil, banyak yang akan membayangkan tentang mesin, kenyamanan dan kenikmatan mereka saat mengemudi mobil. Hubungan antara merek dagang ("BMW") dan kualitas yang dirasakan dari produk (kemewahan, kekuatan, keunggulan mesin) memiliki nilai yang tinggi di pasaran. Perusahaan menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam mengembangkan hubungan antara merek dan produk mereka, karena dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan. Reputasi dan merek sangatlah bernilai. Nilai itu sendiri adalah sesuatu yang harus dilindungi oleh perusahaan. ApaItu Hak Merek Dagang?
  • Konsep di balik hak merek dagang adalah bahwa pemilik merek memiliki hak hukum untuk menghentikan orang-orang yang memperdagangkan merek dan reputasi perusahaan. Mereka dapat melakukannya dengan menghentikan penggunaan merek dagang yang mirip. Jadi, jika sebuah perusahaan mobil yang tidak diketahui ingin menggunakan tanda "VMW" untuk mengidentifikasi mobil baru mereka, BMW akan dapat menghentikan mereka dari melakukan hal itu berdasarkan pada kesamaan tanda sendiri dan barang mereka digunakan untuk mengidentifikasi. Seringkali pemilik merek dagang juga akan mengamankan hak lainnya terkait barang-barang yang ingin mereka jual, misalnya t-shirt.
Apakah Arti Merek Dagang bagi Para Pembuat Kikaos?
  • Pembuat Kikaos tidak diizinkan untuk menggunakan merek dagang pihak ketiga kecuali mereka memiliki izin. Kikaos melakukan review pencegahan semua kampanye untuk membantu memastikan hak-hak pihak ketiga tidak dilanggar.
  • Berikut adalah beberapa contoh produk yang memiliki bahan bermerek dagang. Kampanye ini akan ditandai selama proses review hingga diakhiri. Anda dapat melayangkan atau menekankan pada desain untuk mempelajari mengapa hal itu tercakup dalam hukum merek dagang
Bagaimana Jika Logonya Sendiri Tidak Digunakan?
  • Contoh pertama di atas menunjukkan tanda yang dimiliki oleh Major League Baseball. Seperti yang Anda harapkan, semua logo tim profesional dan institusi dilindungi dengan jelas oleh merek dagang. Tapi perlindungan hukum jauh melampaui nama tim dan logo sendiri. Jika desain menunjukkan kombinasi elemen yang jelas menunjukkan tim tertentu, maka desain tersebut dianggap melanggar juga. Misalnya, jika kemeja yang mencakup gambar bisbol, merujuk ke Boston dan warna yang digunakan oleh tim Red Sox, pemilik merek dagang sangat mungkin akan mengklaim hal ini sebagai pelanggaran.
Pengujian Terbaik Apa yang Bisa Dilakukan?
  • Seperti dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, pengadilan telah melarang penggunaan berbagai elemen merek, bahkan jika logo yang sama perisis atau nama tidak digunakan. Jadi cara terbaik untuk berpikir ketika sebuah desain adalah masalah yakni apakah desain ditujukan untuk para penggemar produk atau organisasi tertentu. Jika Anda melihat desain dan Anda tahu bahwa itu dimaksudkan untuk Red Sox fans, maka sangat mungkin bahwa pengadilan akan melarang penggunaan desain tersebut di bawah hukum merek dagang.

Hak Cipta

Perlindungan Hak Cipta
  • Hak cipta telah ada selama ratusan tahun (bahkan mendahului Konstitusi AS). Ide dasarnya adalah untuk memberikan pencipta karya-karya tertentu hak untuk mengontrol penggunaan kembali dan pembagian kerja yang (apakah salinan atau versi yang dimodifikasi).
  • Hukum hak cipta mengatakan bahwa pekerjaan harus "asli" untuk dilindungi. "Asli" tidak berarti inovatif. "Asli" dalam arti hukum berarti bahwa pencipta tidak menyalin orang lain. Di bawah hukum hak cipta, Anda tidak berhak untuk menggunakan karya orang lain sebagai dasar untuk Anda sendiri. Harus berasal karya Anda sendiri, menciptakannya dari awal. Misalnya, dalam satu kasus yang terkenal, seorang fotografer ditemukan telah menyalin foto dari artis lain meskipun ia menggunakan model dan lokasi berbeda. Rincian dari foto kedua yang begitu mirip dengan yang pertama (tampilan, tata letak dan materi pelajaran) dimana pengadilan menemukan pelanggaran hak cipta.
  • Hak cipta dimaksudkan untuk keseimbangan antara kebebasan untuk terinspirasi dan perlindungan bagi mereka yang membuat. Misalnya, fakta tidak dilindungi oleh hak cipta. karya utilitarian, seperti instruksi atau resep, tidak tercakup. Semua orang bebas untuk menggunakan ide-ide dan informasi. Hak cipta hanya meluas ke ekspresi unik dari ide-ide, bukan ide itu sendiri.
  • Hak cipta tidak dimaksudkan untuk membatasi berbagi ide dan tidak mencakup gagasan yang mendasarinya sendiri. Jadi pelukis landscape tidak bisa menghentikan orang lain untuk tidak membuat llukisan lanskap. Mereka hanya dapat menghentikan seniman lain dari menggunakan lukisan khusus mereka sebagai dasar untuk pekerjaan lain.
  • Meskipun hak cipta tidak mencakup gagasan, sejauh ide dapat diekspresikan dalam berbagai cara, setiap ekspresi akan dilindungi oleh hak cipta. Tapi komponen ekspresi, seperti kata-kata individu dan frasa atau bentuk individu dan elemen desain, tidak dilindungi. Ekspresi harus melampaui komponen individu. Semakin sederhana desain, perlindungan semakin sedikit disediakan oleh hak cipta.
Apa Artinya untuk Para Pembuat Kikaos?
  • Pembuat Kikaos tidak diperbolehkan untuk menggunakan hak cipta pihak ketiga kecuali mereka memiliki izin.
  • Berikut adalah beberapa contoh desain yang mencakup karya cipta. Dua pertama menampilkan konten terkenal. Contoh terakhir menunjukkan karya asli dari awal.

Hak Publisitas dan Hak Privasi

  • Hak publisitas sangat berbeda dari hak-hak hukum yang disediakan oleh merek dagang dan hak cipta dan merupakan konsep yang lebih sederhana. Hak publisitas adalah hak orang-orang terkenal untuk mengontrol penggunaan komersial nama atau rupa mereka. Jadi Taylor Swift memiliki hak untuk memutuskan apakah nama atau wajahnya akan muncul dalam iklan produk atau tidak.
  • Hak publisitas adalah benar-benar bagian dari hak yang lebih besar dari privasi yang berlaku untuk semua orang. Dalam konteks pemasaran dan barang dagangan, yang berarti setiap orang berhak untuk mengontrol penggunaan nama dan citra mereka dalam konteks komersial.
  • Sesuai dengan hak hukum publisitas dan privasi, Kikaos tidak akan dapat mencetak kaos yang mencakup nama atau rupa dari setiap individu, termasuk selebriti, kecuali kita diperintahkan lain oleh individu atau agen mereka.